Kursor

Thursday, August 27, 2015

pidato tentang lingkungan hidup

pidato lingkungan hidup



pidato tentang lingkungan hidup

Lingkungan hidup milik bersama yang diwariskan
Assalammualaikum wr.wb
Salam sejahtera untuk kita semua

yang alfi hormati para dewan juri, yang alfi hormati bapak-bapak ibu-ibu para guru-guru kami, serta rekan-rekan seperjuangan yang alfi sayangi.
Beberapa tahun belakangan ini bangsa Indonesia dilanda bencana sunami,gempa,bumi, tanah longsor,banjir,kecelakaan transportasi laut dan darat dan yang paling terkini erupsi gunung sinabung di tanah karo,gunung selamat di jawa tengah,luntusan gunung kelud di jawa timur, tanah longsor di boyolali dan subang,angin putting beliung di lampung dan di tulung agung,bencana kekeringan di NTT,banjir Jakarta banjir bandang dii manado Sulawesi utara.
Bencana adalah teguran allah untuk bangsa ini kita harus instropeksi diri mengapa bencana terjadi atau perlukah kita bertanya pada rumput yang bergoyang sebagaimana yang di senandungkan ebit g ade : mungkin tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu dan bangga dengan dosa-dosa atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang. Coba kita renungkan adakah kesalahan yang kita perbuat terhadap lingkungan ini. Disadari maupun tidak disadari oleh manusia itu sendiri. Untuk itu izinkanlah alfi menyampaikan pidato yang berjudul lingkungan hidup milik bersama yang diwariskan .
sebagai landasan awal marilah kita mengarah kepada agama secara keseluruhan karna ingat adat pasti ada benarnya dan agama tidak pernah salah seperti yang di jelaskan dalam agama alfi yaitu islam tepatnya dalam al-qur’an surah ar-rum ayat 41:

30:41


“Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia. Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (Akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) .
Maknanya kerusakan di bumi ini tak lain dan tak bukan disebabkan oleh manusia sendiri baik di laut maupun di darat. Manusia yang merupakan factor utamanya. Dalam islam berbagai kerusakan disebut dengan zhoharal fasadu filbarri walbahri hal ini meliputi kerusakan politik,ekonomi ,pendidikan,moralitas dan kerusakan alam.
Banyak contohnya: seperti korupsi yang sudah membudaya, pembunuhan karna masalah asmara, perzinahan sudah dianggap biasa, kejahatan lingkungan yang mengamcam jiwa, membuang sampah sembarangan, perusakan tempat peresapan, kepunahan hewan akibat kerusakan, limbah pabrik dibuang sembarangan, sehingga terjadilah pencemaran cerobong asap fabric tanpa saringan, tanam sejuta pohon tapi bermatian, bukannya berusaha menumbuhkan tapi hanya slogan yang tidak diamalkan.
begitu rusaknya moral bangsa ini sampai mengarah kepada lingkungan sampai-sampai pernyataan zaman ini zaman edan kalo tidak ikut-ikutan edan maka tidak akan kebagian. Nauzubillah.
yang mengerikannya lagi asap di riau akibat illegal logging hutan pun menjadi gundul bukan tuyul saja yang gundul hutan pun ikut-ikutan gundul oleh orang-orang yang bermental tuyul.
Sebagaimana KTT bumi di rio de jainero 1992 : bumi ini bukanlah warisan nenek moyang kita tetapi titipan untuk anak cucu kita. Jadi jangan sembarangan merusak lingkungan karena itu bukan milikkita tetapi amanat kepada anak cucu kitayang harus dikembalikan dengan baik. Perusak alam adalah manusia tak behati. membiarkannya tak lestari adalah manusia tak bernyali. Biarkan pohon menjulang tinggi segera lakukan reboisasi. Biarkan udara bebas tanpa polusi biarkan air mengalir, biarkan daun lebat hijau berseri biarkan bunga mekar mewangi, biarkan alam menyelesaikan tugas sang ilahi ayo kita peduli kalau bukan sekarang kapan lagi kalau bukan kita siapa lagi.
Hadirin sekalian
Sebenarnya hari lingkungan hidup tepatnya sedunia adalah pada tanggal 7 juni yang diselenggarakan di newyork dalam pelaksanaannya mereka mengeluarkan tema yaitu “seven million dreams, one planet, consume with care”  yang jika diartikan secara manual adalah 7 miliar mimpi , satu planet , mengkonsumsi dengan hati-hati. Maksudnya apa kita sebagai manusia yang peduli pasti memiliki banyak mimpi untuk palnet yang hanya satu ini yaitu bumi dengan cara menggunakan sumber daya alam bumi secara tidak berlebih-lebihan. Pada rapat tentang lingkungan tersebut UNEP (united national  Environment Programme).menyatakan bahwah jumlah manusia sekarang adalah 7,2 miliar sementara jumlah penduduk di bumi pada tahun 2050 adalah 9,5 milliar maka untuk itu unep memutuskan untuk melakukan remisi ulang tentang makanan,energi,dan air karena 3 hal tersebut adalah hal yang hampir saja langka mungkin tidak sekarang tapi bisa jadi dimasa yang akan datang jika manusia tidak merubah cara mereka mengkonsumsi surber daya alam di bumi ini seperti:

makanan mungkin bisa kita bilang pangan kita tahu sekarang bahan pangan mulai langka di negara-negara tertentu. hal itu diakibatkan oleh kerakusan manusia yang tak puas dengan apa yang dimiliki mereka. coba bayangkan menurut survey 3 miliar ton makanan terbuang sia-sia, sementara lihat 1 milayar manusia yang kekurangan gizi dan 1 miliyar manusia sedang kelaparan diluar sana.
air mungkin kita belum mengetahui bahwasannya air didunia ini hanya 3%. 2.5% adalah air yang beku yaitu kutuk utara dan antartika , lalu sisanya 0.5% yang sekarang kita gunakan tapi pertanyaannya apakah 0.5% tersebut bisa mencukupi kebutuhan kita 10,20,30,40 tahun yang akan datang sementara sekarang air hampir setengah suda tercemar, bayangkan manusia mencemari air lebih cepat ketimbang alam mendaur ulangnya, belum lagi limbah fabrik yang dibuang ke lautan ke sungai dan mencemari air dalam jumlah besar.
energi coba alfi tanyak adakah energi sekarang yang ramah lingkungan ?, mungkin di sisi lain mengatakan masih ada tapi sama saja kalau tetap mengeluarkan gas pembuangan, mungkin ada yang bilang lagi: kan kadarnya sedikit, kadarnya sedikit tapi jika di gunakan semua orang maka sama saja dengan banyak.
Itulah dia tadi 3 hal yang perlu kita perhatikan dalam menjaga bumi agar tetap lestari. Sepeti pada temanya comsume with care (menggunakan dengan hati-hati).
Hadirin sekalian
Pesan alfi kepada seluruh pendengar dan para pembaca text ini.
Pertama kita sebagai manusia yang di berikan akal oleh allah swt . seharusnya menggunakannya dengan baik, coba fikirkan baik-baik dimana lagi ada  planet yang seidah bumi ini sehijau bumi ini nothing tidak ada atau mungkin belum diketahui jadi perluhlah kita sadari perlulah kita peduli sebagai manusia yang berbudi pekerti berbakti kepada sang ilahi. Jagalah dengan baik jangan berlebihan dalam menggunakan sesuatu.
Kedua ingat tiga hal tadi karena jika kita lupa atau bahkan menutup mata atas tiga hal tadi maka kita sendirilah yang terkena geta kalau kita tidak kena generasi kita yang kena.
Ketiga gunakanlah prinsip kewirausahaan yaitu 3r reuse,reduce,recycle gunakan kembali,mengurangi prinsif konsumtif kita sebagai bangsa yang bermoral dan bermartabat kita juga harus mengganti sifat hidup untuk makan menjadi makan untuk hidup demi keberlangsungan hidup di bumi ini, daur ulanglah sampah plastik,tektil dan lain-lain janganlah kita buang apalagi kesungai karena dapat mencemari sungai.
Cukup sekian pidato alfi kurang lebihnya alfi mohon maaf.
Remember reuse,recycle,reduce
Remember seven million dreams, one planet, consume with care
Wassalammualaikum wr.wb

Salam sejahtera



....terimasih buat pidatonya anak sarhil ini saya post....

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

safelink